Blog Tentang Kesehatan, Pariwisata,Gaya Hidup,Lowongan Kerja Dan Berita

Daftar Makanan Murah Ini Bisa Turunkan Asam Urat Tinggi


Asam urat diproduksi oleh pemecahan purin alami. Purin terjadi secara alami di dalam tubuh dan juga hadir pada makanan yang kita konsumsi. Tingkat asam urat yang tinggi terjadi ketika ginjal tidak menghilangkan asam urat secara efisien dari tubuh.

Faktor-faktor yang menyebabkan pengendapan asam urat dalam tubuh di antaranya, kelebihan berat badan, terlalu banyak konsumsi alkohol, asupan makanan kaya purin, hipotiroidisme, insufisiensi ginjal, diuretik tertentu, dan lain-lain.

Makanan kaya protein merupakan penyebab utama peningkatan pada asam urat. Konsumsi makanan yang mengandung lebih sedikit purin adalah kuncinya. 

Selain mengonsumsi obat, memilih jenis makanan juga sangat penting untuk menghindari komplikasi jangka panjang dan peningkatan asam urat dalam tubuh. Jadi, mengonsumsi beberapa makanan berikut ini bisa menjadi pilihan untuk menurunkan tingkat asam urat Anda.

1. Minyak zaitun
Zaitun atau minyak zaitun memiliki sifat anti inflamasi. Anda dapat mengonsumsi minyak zaitun dengan menambahkannya ke dalam sayuran, salad, atau pasta.
2. Cuka apel
Asam malat, kandungan utama dalam apel, membantu menurunkan kadar asam urat menjadi normal. Tambahkan 1-3 sendok teh cuka apel ke dalam 8 ons air hangat, minum 2-3 kali sehari. Mengonsumsi apel segar juga dapat memberikan efek yang sama.
 
3. Kacang-kacangan
Beberapa kacang-kacangan mengandung purin rendah, seperti kacang Brasil, kacang mete, kacang almond, kacang macadamia dan kenari, semuanya dapat membantu menormalkan kadar asam urat, karena mengandung kurang dari 40 mg purin. 
4. Air putih
Minum lebih banyak air dalam sehari akan mengencerkan asam urat, dengan demikian akan mengurangi rasa sakit karena pengendapan kristal asam urat. Disarankan untuk minum 10-12 gelas air per hari. Juga, cobalah untuk memasukkan lebih banyak cairan dan buah-buahan kaya air dalam menu makanan Anda.
5. Lemon
Asam sitrat adalah salah satu solusi terbaik untuk menurunkan kadar asam urat tinggi. Lemon merupakan sumber vitamin C dan asam sitrat yang sangat baik. Tambahkan perasan lemon ke dalam satu gelas air hangat dan minum 2 atau 3 kali sehari.

6. Ceri
Bioflavonoid, proanthocyanidine dan anthocyanine, yang terkandung dalam ceri membantu mencegah kristalisasi asam urat pada sendi. Anda dapat mengonsumsi buah ceri kalengan atau mengambil ekstrak buah ini untuk mendapatkan manfaatnya.
7. Sayuran rendah purin
Beberapa sayuran berpurin rendah di antaranya, brokoli, mentimun, tomat, dan lain-lain akan membantu penderita asam urat tinggi. Kentang dan jagung juga efektif mengurangi tingkat asam urat. Jus wortel yang dicampur dengan jus mentimum merupakan minuman yang sangat baik untuk menurunkan kadar asam urat.

8. Baking soda
Studi telah menemukan bahwa baking soda bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat menjadi normal. Baking soda akan menjaga kondisi alkalin di dalam tubuh, yang membuat asam urat lebih mudah larut, dengan demikian membantu dalam ekskresinya. Tetapi jangan gunakan metode ini secara teratur.


Sumber: Boldsky
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Lalat, Kecoak, dan Nyamuk Mati dalam 2 Jam dengan Semprotkan ini

    Menjaga rumah Anda agar tetap bersih dan teratur tidaklah mudah, dibutuhkan banyak pembersihan dan perawatan setiap hari yang akan ...

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Label Cloud

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.