Blog Tentang Kesehatan, Pariwisata,Gaya Hidup,Lowongan Kerja Dan Berita

Efek Samping Tak Terduga dari Diabetes, Nomor 7 Paling Gawat

 
Illustrasi Diabetes
Diabetes merupakan kondisi kesehatan yang sangat umum akhir-akhir ini. Diperkirakan, jumlah pasien diabetes di seluruh dunia akan meningkat menjadi sekitar 123 juta pasien. Penyakit ini sudah sangat umum diderita selama bertahun-tahun, dan perubahan gaya hiduplah yang berperan dalam peningkatannya. 

Ya, jika seseorang menderita penyakit tertentu, sudah pasti ada efek samping yang ditimbulkan. Misalnya, jika Anda menderita flu akan membuat Anda merasa lelah dan cacar akan meninggalkan bekas di kulit bahkan bisa permanen.
Sebagian besar penyakit memang memiliki serangkaian efek samping yang biasanya sudah diketahui. Namun terkadang, ada efek samping yang tidak biasa atau tidak terduga yang disebabkan oleh penyakit tertentu.

Bahkan ketika berbicara mengenai diabetes, selain beberapa efek samping yang sudah umum diketahui seperti peningkatan kadar gula darah, kelelahan, penurunan berat badan, dan lain-lain, masih ada beberapa efek samping lain yang mungkin tidak Anda duga. Apa saja?
Baca Juga Apakah 8 makanan tidak sehat ini tak Seburuk yang anda Pikirkan

Masalah kulit
Jika warna kulit Anda tidak merata, kasar, muncul bintik hitam, tanpa sebab yang pasti, ini bisa menjadi efek samping dari diabetes, terutama diabetes tipe 2, di mana tubuh seseorang menjadi resisten terhadap hormon insulin yang diproduksi.

Kolesterol tinggi
Jika kolesterol Anda tinggi setelah didiagnosis menderita diabetes, berarti ini efek samping lain dari diabetes. Ketika kadar gula darah tinggi, itu dapat menyebabkan penurunan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh dan meningkatkan sel-sel lemak yang tidak sehat serta kadar kolesterol, karena insulin dalam tubuh tidak digunakan secara efektif.

Masalah kesehatan otak
Sebuah studi penelitian yang diterbitkan dalam jurnal berjudul 'Neurology', menyatakan bahwa banyak orang dengan diabetes mengalami efek samping yang tidak terduga, seperti penurunan bertahap dalam fungsi kognitif dan otak mereka, yang dapat menyebabkan penyakit otak seperti Alzheimer dan demensia. Studi mengatakan bahwa, ini bisa terjadi karena aliran darah ke otak pada beberapa pasien diabetes cenderung tidak normal.

Penyakit gusi
Sebuah penelitian kesehatan masyarakat yang dilakukan di Universitas Kolombia menyatakan bahwa orang yang menderita diabetes lebih rentan terhadap penyakit gusi dan itu juga merupakan salah satu efek samping yang tidak terduga. Penelitian lebih lanjut menyatakan bahwa penyakit gusi dapat terjadi pada pasien diabetes karena kadar gula yang tinggi dalam darah dapat memodifikasi jaringan kolagen di gusi, membuatnya lebih rentan terhadap peradangan dan infeksi. 

Gangguan pendengaran
Diabetes diketahui dapat merusak pembuluh darah telinga bagian dalam setelah beberapa tahun, sehingga menyebabkan gangguan pendengaran, dan ini bisa permanen.

Gagal ginjal
Jika Anda sudah lama menderita diabetes, jumlah gula Anda akan bertambah tinggi dalam darah dan akhirnya memengaruhi sel-sel ginjal yang bekerja menyaring darah. Ini dapat menyebabkan penyakit ginjal, infeksi dan gagal ginjal yang dapat berakibat fatal.

Disfungsi seksual
Studi telah menyatakan bahwa disfungsi seksual terjadi pada penderita diabetes, karena mereka memiliki ketidakseimbangan hormon yang disebabkan oleh kadar gula darah tinggi dan kadar hormon testosteron yang rendah, terutama pada pria.

Baca Juga Dun Hijau ini bisa sembuhkan 5 jenis Penyakit Kangker
Sumber: Boldsky
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Lalat, Kecoak, dan Nyamuk Mati dalam 2 Jam dengan Semprotkan ini

    Menjaga rumah Anda agar tetap bersih dan teratur tidaklah mudah, dibutuhkan banyak pembersihan dan perawatan setiap hari yang akan ...

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Label Cloud

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.