Blog Tentang Kesehatan, Pariwisata,Gaya Hidup,Lowongan Kerja Dan Berita

Lidah Buaya Banyak manfaatnya Tapi Hati Hati Punya Banyak Efek Samping

gambar juice Lidah Buaya
Lidah buaya merupakan bahan kecantikan umum yang sudah tidak perlu diperkenalkan lagi. Tak hanya bermanfaat dalam dunia kecantikan, lidah buaya juga banyak dimanfaatkan untuk kesehatan. Lidah buaya memang memiliki berbagai manfaat kesehatan, tapi jangan salah, bahan alami satu ini juga memiliki efek samping yang mungkin tidak Anda ketahui.

Gel lidah buaya sangat bermanfaat untuk kesehatan, rambut, dan kulit. Gel ini juga digunakan dalam pembuatasan jus lidah buaya yang digunakan secara tradisional dalam banyak pengobatan ayurveda, tonik, dan obat-obatan lain.

Namun, kelebihan asupan jus lidah buaya dapat menyebabkan berbagai efek samping. Jadi, apakah lidah buaya aman digunakan? Berikut beberapa efek samping yang ditimbulkan dari lidah buaya.

1. Menyebabkan alergi kulit

Penggunaan gel lidah buaya dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan alergi kulit, seperti peradangan, gatal-gatal dan kemerahan pada kelopak mata. Selain itu, mengaplikasikan lidah buaya dan langsung terkena paparan sinar matahari dapat menyebabkan ruam kulit, iritasi atau kemerahan, dan rasa terbakar.

2. Menurunkan gula darah

Aloe vera dikaitkan dengan kadar gula darah yang lebih rendah, karena itu penderita diabetes harus mengambil tindakan pencegahan ekstra saat mengonsumsi lidah buaya.

3. Komplikasi pada kehamilan dan ibu menyusui

Baik gel atau lateks lidah buaya, tidak aman untuk ibu hamil dan menyusui jika tertelan. Alasannya, lidah buaya dapat merangsang kontraksi uterus dan menyebabkan komplikasi, seperti keguguran dan meningkatkan risiko cacat lahir. Sedangkan untuk ibu menyusui, mengonsumsi jus lidah buaya dapat berpengaruh pada anak.

4. Toksisitas hati

Dosis tinggi lidah buaya dapat menyebabkan peradangan hati. Kehadiran banyak senyawa bioaktif seperti C-glikosida, antrakuinon, anthrones, lektin, polymannans dan mannans asetil pada lidah buaya dapat mengganggu proses detoksifikasi hati dan ini dapat menyebabkan kerusakan hati.

5. Gagal ginjal

Aloe vera dapat bereaksi dengan obat-obatan tertentu (Digoxin, obat antidiabetes, Sevoflurane, obat diuretik) dan dapat menyebabkan penyakit ginjal dalam jangka panjang. Aloe vera lateks juga dikaitkan dengan gagal ginjal. Jadi, individu yang menderita masalah ginjal harus menghindari mengonsumsi lidah buaya.

6. Ketidakseimbangan elektrolit

Mengonsumsi jus aloe vera dalam jumlah besar dapat menyebabkan gerakan yang longgar, diare dan kram perut yang menyakitkan yang mengakibatkan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit.

7. Ketidaknyamanan perut

Salah satu efek samping dari minum jus lidah buaya adalah menimbulkan ketidaknyamanan perut. Jus lidah buaya dapat menyebabkan kram yang berlebihan, perut kembung dan sakit perut. Jangan minum jus lidah buaya, terutama jika Anda memiliki masalah perut.

8. Kondisi usus

Jika Anda memiliki salah satu kondisi usus ini, seperti penyakit Crohn dan kolitis ulserativa, hindari asupan jus lidah buaya karena dapat mengiritasi usus.

9. Wasir

Jika Anda memiliki wasir, jangan mengonsumsi jus lidah buaya karena dapat memperburuk kondisi Anda.
Sumber: Boldsky
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Lalat, Kecoak, dan Nyamuk Mati dalam 2 Jam dengan Semprotkan ini

    Menjaga rumah Anda agar tetap bersih dan teratur tidaklah mudah, dibutuhkan banyak pembersihan dan perawatan setiap hari yang akan ...

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Label Cloud

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.