Blog Tentang Kesehatan, Pariwisata,Gaya Hidup,Lowongan Kerja Dan Berita

8 Tanda Apabila Ginjal Sudah Kurang atau Tidak Berfungsi

 Menurut hasil penelitian terbaru, gagal ginjal menempati urutan ketiga dalam daftar masalah kesehatan umum, setelah penyakit jantung dan kanker. Data statistik menunjukkan, 90 persen orang India menderita gagal ginjal, dan penyebab utamanya adalah gaya hidup dan kebiasaan makan yang buruk.

Karena fungsi utama ginjal adalah untuk menyaring limbah dari darah, makanan berlemak dan kolesterol tinggi yang kita konsumsi setiap hari dapat menyebabkan penyaringan ini menjadi rusak, yang pada akhirnya dapat menyebabkan gagal ginjal.



Organ ini juga membantu mengatur tekanan darah, menjaga keseimbangan elektrolit dan produksi sel darah merah di tubuh. Jadi, merawat ginjal harus menjadi prioritas utama Anda. 

Baca Juga Setelah makan malam dilarang meminum minuman  



Menghindari makanan berlemak, seperti makanan olahan dan cepat saji, dapat membantu ginjal Anda berfungsi dengan baik. Berikut beberapa tanda yang menunjukkan bahwa ginjal Anda sudah tidak berfungsi lagi.



1. Masalah saat buang air kecil

Jika jumlah urine sedikit, ini adalah indikasi yang jelas bahwa ginjal Anda menyerah. Di sisi lain, jika Anda mengeluarkan banyak urine di malam hari, ada kemungkinan Anda menderita penyakit ginjal, karena ini biasanya terjadi saat filter ginjal rusak.



 

2. Tungkai bengkak

Sat kaki dan pergelangan kaki Anda membengkak seperti balon, ini perlu diperiksa. Tungkai yang membengkak merupakan indikasi adanya penurunan fungsi ginjal, di mana ada retensi natrium yang terjadi dan menyebabkan pembengkakan di tungkai.
3. Urine berdarah

Jika Anda mengeluarkan darah bersama urine, jalan terbaik adalah memeriksakannya, karena ini bisa menjadi salah satu tanda penutupan ginjal Anda.




4. Kehilangan nafsu makan

Kehilangan nafsu makan yang diikuti dengan mual dan muntah merupakan tanda lain yang jangan sampai Anda abaikan. Hal ini terjadi bila ada penumpukan racun di dalam tubuh, yang akhirnya menyebabkan gagal ginjal.


5. Kram otot

Ketidakseimbangan elektrolit dapat terjadi akibat gangguan fungsi ginjal. Jadi, jika Anda menderita kram otot sepanjang hari, ini adalah indikator yang menunjukkan bahwa ginjal Anda menyerah.

6. Mata bengkak

Bila ginjal membocorkan sejumlah besar protein dalam urine, mata Anda akan membengkak. Bila masalah yang tidak bisa dijelaskan ini terjadi, jangan ragu untuk melakukan tes darah atau tes ginjal.



7. Kulit gatal

Bila ginjal tidak mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah, kulit Anda akan terasa gatal. Jika rasa gatal ini tidak dapat disembuhkan menggunakan krim atau obat gatal, pertimbangkan untuk memeriksakannya ke dokter.




8. Urine berbusa

Urine Anda bisa menjelaskan banyak tentang kesehatan Anda. Urine berbusa merupakan indikasi jelas dari gagal ginjal. Selain itu, urine Anda juga akan menimbulkan bau tidak biasa yang tidak boleh Anda abaikan.


Baca Juga Inilah yang akan Terjadi Pada Tubuh Anda Ketika berhenti merokok

Sumber: Boldsky
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Lalat, Kecoak, dan Nyamuk Mati dalam 2 Jam dengan Semprotkan ini

    Menjaga rumah Anda agar tetap bersih dan teratur tidaklah mudah, dibutuhkan banyak pembersihan dan perawatan setiap hari yang akan ...

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Label Cloud

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.