Blog Tentang Kesehatan, Pariwisata,Gaya Hidup,Lowongan Kerja Dan Berita

Bawang Putih Banyak Manfaatnya tapi Hati2 dengan Efeksampingnya

 
Bawang putih merupakan bumbu dapur yang umum digunakan dalam semua jenis makanan untuk meningkatkan rasa. Tidak hanya digunakan untuk keperluan memasak, bawang putih bahkan digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional.

Bawang putih mengandung banyak mineral penting, seperti kalsium, zat besi, yodium, sulfur, dan lain-lain, yang membantu mengatasi banyak penyakit. Bawang putih memiliki efek menguntungkan tubuh dalam banyak hal, termasuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol, melawan infeksi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga Tentang Kenali gejala gejala tuberculois dari Awal 

Tetapi tahukah Anda, terlalu banyak mengonsumsi bawang putih atau memakannya dalam keadaan mentah, bisa memengaruhi kesehatan dalam banyak hal. Simak, beberapa efek samping bawang putih berikut ini.

1. Menyakiti organ hati
Sebuah penelitian terkenal di India menyebutkan, jika bawang putih dikonsumsi dalam jumlah besar, dapat menyebabkan toksisitas hati, karena bawang putih mengandung allicin, senyawa yang dapat melukai organ hati.

2. Mual, muntah dan mulas
Menurut National Cancer Institute, mengonsumsi bawang putih mentah saat perut kosong dapat menyebabkan mulas, mual, dan muntah. Laporan yang diterbitkan oleh Harvard Medical School, menyatakan bawang putih memiliki senyawa tertentu yang dapat menyebabkan penyakit gastroesophageal reflux.
3. Diare
Konsumsi bawang putih saat perut kosong dapat menyebabkan diare. Orang yang memiliki masalah gas di perut, seharusnya tidak mengonsumsi bawang putih. Karena mengandung fruktan yang dapat menyebabkan kembung gas di perut.

4. Masalah lambung
Makan terlalu banyak bawah putih mentah dapat memiliki efek negatif untuk kesehatan lambung. Ini dapat mengiritasi saluran gastrointestinal (GI). Bawang putih dapat menyebabkan masalah pencernaan jika mengonsumsinya dalam jumlah besar.

  5. Risiko pendarahan
Anda tidak boleh mengonsumsi bawang putih bersama dengan obat pengencer darah, seperti yang disebutkan oleh University of Maryland Medical Center. Itu karena bawang putih dapat meningkatkan risiko pendarahan. Selain itu, setelah operasi, Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi bawang putih setidaknya selama 2 minggu karena dapat mengganggu tekanan darah.

6. Ruam
Konsumsi bawang putih mentah berlebihan dapat menyebabkan iritasi kulit, ruam, eksim, dan lain-lain. Hal ini karena bawang putih mengandung enzim yang disebut alliin lyase yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

7. Pusing
Bawang putih telah menunjukkan tanda-tanda pusing pada beberapa orang. Para ahli menyatakan, hal ini karena mengonsumsi bawang putih berlebihan dapat menurunkan tekanan darah atau hipotensi. 


8. Gangguan penglihatan
Asupan bawang putih berlebihan dapat menyebabkan hyphema, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan pendarahan di dalam ruang mata. Ruang mata terletak antara kornea dan iris. Kondisi ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

9. Migrain
Konsumsi bawang putih mentah juga dapat memicu migrain. Bawang putih dapat merangsang saraf trigeminal untuk melepaskan molekul pensinyalan syaraf yang disebut neuropeptida yang terburu-buru ke membran yang menutupi otak, sehingga menyebabkan migrain.

10. Buruk untuk wanita hamil
Bawang putih yang dikonsumsi dalam jumlah besar dapat memengaruhi kehamilan, karena akan meningkatkan efek pengencer darah yang dapat mengancam jiwa. Wanita hamil atau ibu menyusui harus menghindari bawang putih.
Sumber: Boldsky
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Lalat, Kecoak, dan Nyamuk Mati dalam 2 Jam dengan Semprotkan ini

    Menjaga rumah Anda agar tetap bersih dan teratur tidaklah mudah, dibutuhkan banyak pembersihan dan perawatan setiap hari yang akan ...

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Label Cloud

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.